4 Alasan Mengapa Hunian Dipenuhi Lalat yang Wajib Diketahui

4 Alasan Mengapa Hunian Dipenuhi Lalat yang Wajib Diketahui

Mungkin beberapa kali saat hendak menyantap makanan di rumah, anda harus berhadapan dengan serangga menjengkelkan seperti lalat. Tentunya hal ini membuat anda risih, apalagi makanan yang telah dihinggapi oleh lalat dinilai sudah tidak higienis dan menjadi sumber penyakit. Oleh karena itu, ketahui alasan di balik kehadirannya sebagai cara mengusir lalat dari rumah.

4 Alasan Mengapa Hunian Dipenuhi Lalat yang Wajib Diketahui

Alasan Banyak Lalat di Rumah

  1. Lalat Menyukai Suhu Hangat

Pernahkah anda bertanya tanya kenapa lalat jauh lebih banyak muncul di dalam rumah saat musim hujan tiba? Ini karena serangga kecil satu ini menyukai suhu hangat, yang mana suhu di luar tentunya cenderung lebih dingin bila dibandingkan rumah anda. Sehingga saat menemukan suhu hangat di dalam rumah, mereka akan langsung memasukinya.

Kebanyakan jenis lalat memang lebih menyukai ketika suhu berada pada kondisi hangat, lantaran lalat sendiri akan jauh lebih mudah menemukan sumber makanan dan berproduksi lebih cepat di bawah suhu hangat. Saat suhu mencapai 32 hingga 37 derajat celcius, telur lalat bahkan bisa menetas 2,5 kali lebih cepat.

  1. Memasak Makanan dengan Bau Menyengat

Ini pastinya sudah menjadi rahasia umum, dimana lalat menyukai bahan makanan dengan bau menyengat seperti ikan, udang, hingga segala jenis daging. Jadi, sebaiknya anda selalu menutup rapat bahan makanan saat hendak mengolahnya maupun setelah proses pengolahan selesai. Hal tersebut bisa menjadi salah satu cara mengusir lalat dari rumah.

  1. Tempat Sampah Terbuka

Seperti yang telah disebutkan, lalat senang dengan bau menyengat apalagi bau yang tidak sedap seperti tempat sampah. Jadi sampah yang anda biarkan menumpuk di dalam rumah berisikan sisa sisa makanan, apalagi dalam keadaan terbuka bisa menjadi undangan bagi lalat untuk mengunjungi rumah anda.

Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya gunakan tempat sampah tertutup jika digunakan di dalam rumah. Dan usahakan bahwa tempat sampah ini sudah tertutup dengan rapat, hingga tidak memancing kedatangan lalat. Jika memiliki sampah hasil makanan dengan bau menyengat, sebaiknya segera dibuang dan tidak ditumpuk dalam waktu lama.

  1. Tidak Membersihkan Tempat Cuci Piring

Anda merasa sudah membersihkan semua area dapur, namun tetap menemukan lalat mondar mandir di dalam rumah ? Coba lihat apakah tempat cuci piring sudah dalam keadaan bersih atau tidak. Pasalnya tempat cuci piring ini bisa menjadi daerah yang amat disukai oleh lalat, mengingat bahwa sisa sisa lemak dari piring bisa menempel di sana.

Jadi area dapur yang dibersihkan tidak hanya meliputi tempat sampah, tempat penyimpanan makanan, hingga tempat mengolah makanan saja. Namun anda juga perlu membersihkan tempat cuci piring ini sebagai salah satu cara mengusir lalat dari rumah. Jika tidak menemukan sumber makanan, tentunya lalat akan meninggalkan rumah anda.

Setelah membaca ulasan di atas, anda sudah mengetahui alasan di balik kehadiran lalat di rumah. Untuk itu lakukan beberapa tindakan preventif untuk mencegah lalat masuk ke hunian, dengan cara membersihkan seluruh area rumah. Jika lalat sudah berhasil masuk, sebaiknya gunakan lem lalat Cap Gajah yang efektif untuk membasmi serangga.

0 I like it
0 I don't like it