4 Gejala Penyakit Jantung Koroner yang Perlu Anda Waspadai

gejala penyakit jantung

Penyakit jantung mempunyai banyak jenis yakni penyakit otot jantung, kelainan detak jantung, infeksi jantung, jantung lemah, pembesaran jantung, gagal jantung, jantung bocor, penyakit jantung coroner dan masih banyak lagi. Penyakit jantung koroner merupakan salah satu penyakit jantung yang paling mematikan dan dapat menyebabkan kematian mendadak. Penyakit ini terjadi akibat penyempitan pembuluh darah arteri koroner. Untuk itu, penting untuk Anda tahu mengenai gejala penyakit jantung koroner berikut.

Anda Mengalami Nyeri di Dada

Gejala penyakit jantung koroner atau yang juga dikenal sebagai penyakit arteri koroner adalah timbulnya gangguan nyeri pada area dada Anda. Biasanya bagi Anda yang mengalami penyakit jantung satu ini akan merasakan kondisi tidak nyaman di sekitar area dada Anda. Perasaan tidak nyaman tersebut terjadi saat pemberian tekanan pada area dada Anda.

Selain nyeri pada dada Anda, rasa nyeri yang ditimbulkan oleh penyakit jantung koroner juga menjalar hingga ke bagian ulu hati hingga punggung Anda. Rasa sakit itu biasanya timbul selama 30 detik hingga 5 menit.

Anda Mengalami Gangguan Gastrointestinal

Gejala penyakit jantung koroner selanjutnya adalah adanya gangguan gastrointestinal atau yang lebih familiar dengan gangguan sistem pencernaan. Gangguan yang terjadi pada sistem pencernaan seperti sendawa yang tidak kunjung hilang dapat berindikasi menyerang jantung Anda. Syaraf pada sistem pencernaan sesungguhnya amat berkaitan dengan syaraf pada jantung Anda.

Barangkali sendawa yang tidak kunjung hilang tersebut bisa Anda sepelekan. Namun, bagaimana jika gejala gangguan pada sistem pencernaan tersebut bertambah? Sinyal lain yang mengindikasikan bahwa Anda mengalami penyakit jantung koroner adalah dengan timbulnya rasa mual yang disebabkan oleh potensi atau bibit serangan jantung. Hal itu akan makin parah apabila Anda melakukan gerakan fisik dan secara mendadak Anda bangun.

Jika sudah demikian,ada baiknya Anda mulai waspada dan melakukan antisipasi untuk melawan penyakit tersebut. Jangan sampai justru membahayakan nyawa Anda.

Baca Juga : Kenali 11 Jenis Penyakit Jantung yang Berbahaya

Anda Mengalami Keringat Dingin

Banyak orang menganggap bahwa penyakit jantung koroner sama dengan masuk angin. Terlebih lagi mengenai keluarnya keringan dingin. Padahal kemunculan keringat dingin dapat menyebabkan penyakit serius seperti penyakit jantung koroner.

Kemunculan keringat dingin merupakan fenomena fisik yang mana sebagai bentuk pertahanan diri atau tubuh Anda terhadap ancaman berupa rasa sakit. Terlebih lagi jika Anda mengalami keringat dingin yang disertai dengan gejala lain seperti nyeri di dada, nyeri lengan, rasa berdebar, pusing bahkan hingga hilang kesadaran atau pingsan.

Anda Mudah Lelah

Gejala penyakit jantung koroner satu ini serupa dengan gejala penyakit jantung lainnya. Timbulnya rasa mudah lelah sebagai akibat dari adanya gangguan pada proses aliran darah serta sulitnya mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh Anda secara baik dan sempurna. Jika Anda kekurangan oksigen atau kebutuhan oksigen Anda tidak tercukupi secara maksimal, maka Anda akan mudah merasa lelah. Meski tidak melakukan aktifitas fisik berlebih, bagi Anda yang menderita penyakit jantung koroner akan merasa lelah serupa orang yang melakukan banyak aktifitas fisik.

Itulah 4 gejala penyakit jantung koroner yang dapat Anda simak. Jagalah kesehatan Anda dan tetap jalankan pola hidup sehat. Sebab, salah satu pemicu adanya penyakit jantung adalah pola hidup yang tidak sehat.

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *