5 Cara Beli Mobil Bekas Lelang 2019

lelang mobil bekas

Lelang mobil – Membeli mobil dengan cara lelang bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan mobil dengan harga yang murah meriah. Jika beruntung penawar bisa mendapatkan mobil dengan harga yang lebih miring dibandingkan harga pasaran. Hal tersebut membuat banyak masyarakat ingin membeli mobil dengan cara lelang. Sayangnya membeli mobil dengan cara lelang ini tidak semudah membalikkan telapak tangan. Alasannya adalah ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan dan juga tips yang harus Anda ketahui dengan baik. Jika tidak cermat bukannya untung malah Anda akan buntung.  Berikut ini adalah beberapa tips atau cara beli mobil bekas lelang yang harus Anda ketahui dengan baik:

Waktunya

Tips membeli melalui lelang mobil yang pertama adalah Anda harus memperhatikan waktunya. Musim ramai lelang ini tidak terjadi setiap waktu namun hanya digelar pada dua sampai dengan tiga bulan setelah pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri. Pada dasarnya saat memasuki hari raya tersebut akan banyak permintaan mobil karena digunakan untuk mudik pulang kampung. Sayangnya ada nasabah mulai tersendat dalam membayar angsuran. Hal tersebut yang membuat banyak mobil ditawarkan di Balai Lelang.

Tempat

Tidak hanya waktu saja yang harus diperhatikan, namun tempatnya juga harus diperhatikan dengan baik. Yang harus Anda ketahui adalah Balai Lelang ini tidak ada di setiap kota, meski ada  cakupannya tidaklah besar. Untuk balai yang besar ada di Jakarta, Surabaya, Bandung, dan juga Semarang. Mengapa hanya di kota-kota tersebut? Alasannya kota tersebut menjadi pusat kantor cabang besar bagi produsen mobil sehingga tidak mengherankan jika peserta lelang lebih banyak dan ramai.

Jeli

Untuk mengikuti lelang mobil Anda harus bersikap jeli. Kurang jeli hanya akan membuat Anda mendapatkan mobil yang tidak sesuai dengan harapan Anda. Untuk mobil yang di lelang ini memang kondisinya masih cukup baik namun ada juga yang dilelang karena kondisinya kurang baik. Oleh sebab itu penting bagi Anda untuk teliti dalam memilah. Anda bisa melihat unit yang akan di lelang 3-5 hari sebelum hari pelelangan tiba. Gunakanlah waktu ini untuk melakukan observasi, terutama kelayakan mesin dan dokumen kendaraan yang akan di lelang. Akan lebih baik lagi jika Anda mengajak teman atau saudara yang  paham tentang mesin mobil dan juga dokumen-dokumennya.

Bandingkan Harga

Cara beli mobil bekas lelang yang bisa dilakukan selanjutnya adalah bandingkanlah harga dengan yang ada di pasaran. Banyak yang ingin membeli mobil secara lelang namun tidak melakukan hal ini akibatnya mereka harus terjebak dalam over priced atau kemahalan. Cara yang tepat adalah Anda bisa mencari tahu harga mobil yang akan Anda incar di pasaran sehingga nisa dijadikan sebagai patokan saat melakukan penawaran. Dengan hal tersebut Anda tidak akan membeli mobil lelang dengan harga yang lebih mahal dibandingkan di pasaran.

Jangan Terbawa Nafsu

Lelang merupakan menawarkan barang seperti mobil kemudian penawar akan menawar mobil tersebut sesuai dengan harga yang diinginkannya. Saat proses lelang ini harga tertinggi lah yang akan memiliki mobil tersebut. Oleh sebab itu bagi Anda yang ingin mengikuti lelang mobil jangan terbawa nafsu. Perhatikanlah penawar lainnya dan ikuti proses dengan cermat apakah ada penawar yang mencurigakan. Hal itu dikarenakan ada intrik atau kerja sama antar peserta lelang dengan oknum tertentu untuk menghancurkan harga.

Jika Anda berhasil menang dalam ajang lelang, segeralah bawa mobil tersebut ke bengkel untuk mengetahui kondisi fisik dari mobil yang telah Anda beli dari lelang tersebut. Selain itu saat lelang mobil pastikan mengetahui bagaimana mengurus surat menyurat yang berhubungan dengan kepemilikan mobil Anda tersebut yang mana hal itu sangat penting untuk Anda dan mobil Anda ke depannya.

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *