Langkah Langkah dan Cara Perawatan Luka Kulit yang Lecet

Nurse,Cleaning,Wound,With,Cotton,Ball,And,Dressing,Set,,Wound

Kulit merupakan salah satu anggota tubuh yang rentan mengalami goresan. Salah satu luka yang sering kali dialami oleh sebagian orang adalah luka lecet. Luka satu ini dapat dengan mudah untuk ditemukan dimana saja. Mulai dari bagian siku, lutut, lengan dan juga kepala. Lalu bagaimana cara perawatan luka kulit yang lecet? Anda pun bisa menyimak ulasan selengkapnya berikut ini.

Cara Merawat Luka yang Lecet

  1. Bersihkan Luka Terlebih Dahulu

Hal pertama yang harus anda lakukan ketika mendapatkan luka lecet adalah dengan membersihkannya terlebih dahulu. Disini anda bisa membilasnya dengan menggunakan air bersih yang mengalir. Tak hanya menggunakan air, anda juga bisa memakai larutan garam atau cairan saline yang steril hingga bagian luka tersebut menjadi bersih.

  1. Gunakan Sabun Untuk Bersihkan Luka

Setelah anda membilasnya menggunakan air bersih yang mengalir, maka anda pun bisa membersihkan luka menggunakan sabun lembut seperti sabun bayi. Hal ini dikarenakan dengan menggunakan sabun, akan membuat luka menjadi lebih bersih. Terlebih lagi, apabila anda terjatuh di tempat yang kotor tentunya akan bisa menimbulkan bakteri.

Di dalam perawatan luka kulit yang lecet, sebaiknya anda menghindari untuk melakukan pembersihan dengan menggunakan bahan bahan pembersih seperti alkohol maupun iodine dan juga hydrogen peroxide. Hal ini dikarenakan dengan menggunakan cara cara tersebut akan membuat luka menjadi perih dan mampu menimbulkan iritasi.

Baca Juga : Penyebab Luka Membutuhkan Waktu Lama untuk Sembuh

  1. Mengoleskan Antibiotik

Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk membuat luka menjadi cepat sembuh adalah dengan mengoleskannya antibiotik. Dengan menggunakan cara satu ini ternyata akan membuat luka menjadi tetap lembab. Sehingga nantinya akan mampu mempercepat proses penyembuhan dan mampu mencegah terjadinya infeksi.

  1. Tutup Luka Dengan Menggunakan Kasa Steril

Setelah anda mengoleskan antibiotik pada luka tersebut, maka cara perawatan luka kulit yang lecet adalah dengan menutupnya menggunakan kasa yang steril. Hal ini bertujuan agar luka tidak terkena debu yang bisa menyebabkan infeksi. Selain itu, anda pun juga perlu melakukan penggantian kasa setiap hari secara teratur.

  1. Hindari Dari Sinar Matahari

Untuk membuat luka lecet ini menjadi cepat sembuh, sebaiknya anda menghindari sinar matahari. Hal ini dikarenakan dengan terpapar sinar matahari, akan membuatnya terkena hiperpigmentasi yang permanen. Oleh karena itu, apabila anda ingin  melakukan aktivitas di bawah terik matahari dalam waktu yang lama, ada baiknya anda menggunakan pakaian yang Panjang.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk merawat luka akibat lecet. Perawatan yang tepat akan membuat luka menjadi cepat sembuh. Untuk itu, anda pun perlu melakukan beberapa tahapan tersebut agar nantinya luka yang anda derita cepat menghilang. Tidak hanya itu saja, anda juga perlu rutin untuk mengobatinya dan tidak membiarkannya begitu saja.

Baca Juga : Cara Perawatan Luka Bakar Ringan

0 I like it
0 I don't like it