3 Masalah Mesin Pencetak Label Indonesia yang Sering Terjadi

Mesin Pencetak

Dalam era digitalisasi seperti saat ini printer maupun scanner menjadi sangat dibutuhkan. Terlebih lagi saat ini bisnis juga sudah banyak menggunakan teknologi digital sehingga tidak mengherankan jika scanner maupun printer tersebut juga dibutuhkan dalam dunia bisnis. Berkat teknologi yang berkembang dengan pesat printer tidak hanya digunakan untuk mencetak dokumen saja, namun jenisnya lebih beragam seperti mencetak label, mencetak kabel, mencetak barcode, dan lain sebagainya. Meski begitu printer tetaplah sebuah mesin yang bisa mengalami kerusakan atau gangguan sehingga menyebabkannya tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang apa saja masalah mesin pencetak label Indonesia yang sering dialami seperti berikut ini:

Kesalahan Pemasangan

Masalah yang sering dialami oleh orang yang menggunakan mesin pencetak label adalah kesalahan pemasangan. Indikator yang menjadi penunjuk jika mesin label tersebut mengalami kesalahan pemasangan adalah lampunya selalu berkedip tidak dalam posisi stand by. Komponen mesin pencetak label yang lebih rumit dibandingkan dengan printer lainnya menyebabkan kesalahan pemasangan ini sangat mungkin terjadi.  Silahkan mencari tutorial tentang bagaimana memasang komponen printer label yang baik dan benar. Bisa juga dengan menanyakannya kepada pihak penjual printer tersebut.

Data Barcode Tidak Bisa Terbaca

Masalah yang sering terjadi dalam penggunaan mesin pencetak label Indonesia adalah data pada barcode tersebut tidak bisa terbaca. Tentunya ini akan menjadi suatu masalah yang besar terutama jika semua barcode tersebut sampai datanya tidak bisa terbaca semua. Hal ini diakibatkan oleh pemasangan ribbon yang tidak sesuai dengan jalurnya sehingga sensor label tidak bisa membaca gap, black mark, maupun ukuran dari label tersebut. Solusinya pastikan pemasangan ribbon sudah benar.

Printer Tidak Mau Mencetak Label

Masalah yang sering dialami adalah kertas label tidak mau keluar meski sudah ditekan tombol feed beruang kali. Jika mengalami masalah ini kemungkinan ada yang salah dengan soft maupun hard setingnya. Silahkan perbaiki pengaturan pada software desain pada label, pastikan jika pengaturan untuk ukuran labelnya sudah tepat. Begitu pula dengan hard setingnya pastikan jika kalibrasinya sudah benar.

Mesin yang tidak bisa digunakan atau tidak berfungsi akan menghambat kegiatan bisnis. Oleh sebab itu jika mesin pencetak label Indonesia yang dimiliki bermasalah, lakukanlah beberapa cara penanganan seperti yang telah dijelaskan di atas untuk membuatnya berfungsi kembali.

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *