Sekilas Tentang Perusahaan Modal Ventura

Bagi pelaku investing atau investor mungkin istilah modal ventura sudah tidak asing lagi. Belakangan ini, istilah-istilah baru bermunculan seiring berkembangnya bisnis dan investasi di Indonesia. Apakah yang dimaksud dengan modal ventura? Mari simak penjelasan singkat berikut.

Pengertian Modal Ventura

Suatu investasi yang bentuknya pembayaan berupa penyertaan modal ke dalam suatu perushaan swasta sebagai rekan atau pasangan usaha dalam jangka waktu tertentu.

Cara Kerja

Biasanya modal ventura diberikan berupa uang tunai yang kemudian ditukar dengan sejumlah saham pada perusahaan pasangan usaha. Modal ventura termasuk ke dalam investasi beresiko tinggi, namun juga dengan imbal yang tinggi.

Para investor biasanya sudah mengetahui bahwa perusahaan tersebut memiliki resiko tinggi dan tidak memenuhi syarat standar perusahaan terbuka untuk mendapat modal pinjaman dari bank. Maka, sebagian besar dana ventura tersebut berasal dari investor yang sudah mapan, bank investasi, dan institusi keuangan yang melakukan pengumpulan dana untuk tujuan investasi tersebut. Penyertaan modal ventura umumnya diberikan kepada perusahaan-perusahaan rintisan atau yang dikenal sebagai perusahaan startup.

Baca Juga : Dasar Hukum dan Pengertian Modal Ventura

Karakteristik

Karakteristik modal ventura adalah sebagai berikut:

  • Pembiayaan Modal Ventura adalah Equity
  • Investasi Jangka Panjang
  • Pembiayaan yang Bersifat Risk Capital
  • Bersifat Sementara
  • Keuntungan Berupa Capital Gain dan Deviden
  • Rate of Return yang Tinggi

Manfaat

Manfaat yang dapat diberikan oleh modal ventura kepada sebuah perusahaan antara lain:

  1. Meningkatkan kegiatan usaha
  2. Meningkatkan potensi usaha
  3. Mendapat kepercayaan dari bank
  4. Pemasaran produk lebih efisien
  5. Likuiditas membaik
  6. Rentabilitas membaik

Jenis

Jenis-jenis modal ventura terbagi menjadi empat, yaitu:

  1. Equity Financing
  2. Semi Equity Financial
  3. Usaha Baru
  4. Bagi Hasil

Masing-masing jenis tersebut memiliki kekurangan dan kelebihannya, tinggal disesuaikan dengan investor dan perusahaan penerima modal. Kebutuhan perusahaan baru dan perusahaan lama yang bangkit kembali tentu berbeda, keduanya dapat dibantu dengan modal ventura namun tentu dengan hasil yang berbeda pula.

Modal ventura dapat menjadi alternatif untuk mengembangkan perusahaan baru atau menaikkan kembali reputasi perusahaan. Pemberian modal ventura bersifat sementara, paling lama hanya sepuluh tahun untuk memberikan modal kepada perusahaan gandengannya. Mereka mengumpulkan uang dari lembaga-lembaga dan orang-orang yang sudah mapan kondisi finansialnya, kemudian menginvestasikan uang yang sudah terkumpul ke perusahaan-perusahaan yang berpotensi akan bertambah nilainya. Keuntungan yang diambil biasanya sekitar 20%. Dana ventura akan menghasilkan keuntungan ketika perusahaan-perusahaan dalam portofolionya menjadi lebih berharga dan dapat dibeli oleh perusahaan-perusahaan besar.

Sekilas tentang modal ventura yang berlaku setidaknya di Indonesia, mereka juga diatur dalam undang-undang dan memiliki regulasi tersendiri yang wajib ditaati dalam rangka melaksanakan kegiatan investasi.

Di indonesia ada banyak sekali perusahaan modal ventura yang telah sukses mendirikan beberapa startup hits, salah satunya Alpha JWC Ventures yang menjadi investor beberapa startup yang pasti sudah Anda kenal, seperti Kredivo, UangTeman, Sorabel dan masih banyak lagi. Untuk mengetahui lebih banyak soal Alpha JWC bisa mengunjungi websitenya disini : https://www.alphajwc.com

0 I like it
0 I don't like it

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *